Jumat, 17 Oktober 2014

IPS ( Bab Pengangguran) LENGKAP!!

SILAHKAN DI BACA !!

Ini adalah Definisi, pengertian, penyebab, dll
"Pengangguran"

1. Definisi

Pengangguran Terbuka merupakan bagian dari angkatan kerja yang tidak bekerja atau sedang mencari pekerjaan (baik bagi mereka yang belum pernah bekerja sama sekali maupun yang sudah penah berkerja), atau sedang mempersiapkan suatu usaha, mereka yang tidak mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin untuk mendapatkan pekerjaan dan mereka yang sudah memiliki pekerjaan tetapi belum mulai bekerja.

2. Kegunaan

Proporsi atau jumlah pengangguran terbuka dari angkatan kerja berguna sebagai acuan pemerintah bagi pembukaan lapangan kerja baru. Disamping itu, trend indikator ini akan menunjukkan keberhasilan progam ketenagakerjaan dari tahun ke tahun.

3. Rumus Menghitung Tingkat Pengangguran

Untuk mengukur tingkat pengangguran pada suatu wilayah bisa didapat dar prosentase membagi jumlah pengangguran dengan jumlah angkaran kerja.

Tingkat Pengangguran = Jml Yang Nganggur / Jml Angkatan Kerja x 100%

4. Jenis & Macam Pengangguran

 Pengangguran Friksional / Frictional Unemployment
Pengangguran friksional adalah pengangguran yang sifatnya sementara yang disebabkan adanya kendala waktu, informasi dan kondisi geografis antara pelamar kerja dengan pembuka lamaran pekerjaan.

(-) Pengangguran Struktural / Structural Unemployment

Pengangguran struktural adalah keadaan di mana penganggur yang mencari lapangan pekerjaan tidak mampu memenuhi persyaratan yang ditentukan pembuka lapangan kerja. Semakin maju suatu perekonomian suatu daerah akan meningkatkan kebutuhan akan sumber daya manusia yang memiliki kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.

(-) Pengangguran Musiman / Seasonal Unemployment

Pengangguran musiman adalah keadaan menganggur karena adanya fluktuasi kegiaan ekonomi jangka pendek yang menyebabkan seseorang harus nganggur. Contohnya seperti petani yang menanti musim tanam, tukan jualan duren yang menanti musim durian.

(-) Pengangguran Siklikal

Pengangguran siklikal adalah pengangguran yang menganggur akibat imbas naik turun siklus ekonomi sehingga permintaan tenaga kerja lebih rendah daripada penawaran kerja.

Tambahan :
Pengangguran juga dapat dibedakan atas pengangguran sukarela (voluntary unemployment) dan dukalara (involuntary unemployment). Pengangguran suka rela adalah pengangguran yang menganggur untuk sementara waktu karna ingin mencari pekerjaan lain yang lebih baik. Sedangkan pengangguran duka lara adalah pengengguran yang menganggur karena sudah berusaha mencari pekerjaan namun belum berhasil mendapatkan kerja.

5. PENYEBAB PENGANGGURAN

Berikut ini adalah penyebab terjadinya pengangguran yaitu:

-Penurunan Permintaan tenaga Kerja
-Kemajuan Teknologi
-Kelemahan pasar tenaga kerja
-Kemalasan
-Kurangnya Pendidikan

6. DAMPAK PENGANGGURAN

(-) Dampak Ekonomi : seperti nilai GDP akan menurun, dan pendapatan nasional akan berkurang bersamaan denga turunnya standar hidup


(-) Dampak Sosial : seperti naiknya tingkat kejahatan, naiknya ketergantungan narkoba dan alkohol, hilangnya harga diri serta kepercayaan diri para pengangguran, dll


(-) Dampak Individu dan Keluarga : jumlah konsumsi akan bekurang, meningkatkan ketergantungan dengan pihak lain yang menjadi tumpangan mereka selama menganggur.

7. CARA MENGATASI PENGANGGURAN

(1). Mengatasi pengangguran friksional dan   sukarela:

- Menarik investor baru dengan cara deregulasi dan debiokratisasi

- Memberikan bantuan pinjaman lunak dan bantuan lain untuk memacu kehidupan industri kecil

(2). Mengatasi pengangguran konjungtural :

- Meningkatkan daya beli masyarakat

- Mengatur bunga Bank agar tidak terlalu tinggi

(3). Mengatasi pengangguran struktural :

- Menyediakan lapangan kerja

- Mengadakan pelatihan tenaga kerja

- Menarik investor

(4). Mengatasi pengangguran musiman :

- Pelatihan ketrampilan lain selain bidang yang sudah digeluti

- Menginformasikan lowongan kerja yang ada disektor lain kepada masyarakat

(5). Mengatasi pengangguran deflasioner :

- Pelatihan tenaga kerja

- Menarik investor baru

(6). Mengatasi pengangguran teknologi :
- Pengenalan teknologi yang ada sejak usia dini Pelatihan tenaga pendidik untuk menguasai teknologi baru yang harus disampaikan pada anak.

Terimaksih Sudah Membaca :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar